Inilah 5 Jenis Buah Beri Yang Baik untuk Kesehatan dan Dimakan

Inilah 5 Jenis Buah Beri Yang Baik untuk Kesehatan dan Dimakan


Pasti anda ingin melakukan diet tetapi tetap ingin makan enak, Jangan khawatir masih banyak makanan yang enak untuk diet tetapi tidak membuat anda gemuk karena kalori yang rendah sehingga tidak membuat anda gemuk.

Selain itu juga kaya akan vitamin, mineral dan serat yang akan membuat anda terasa kenyang lebih lama. Nah hal ini bisa anda tiru dengan buah beri, buah beri banyak manfaat dan membuat anda kenyang.

Lalu buah beri apa sajakah yang baik untuk kesehatan? mari kita lihat sebagai berikut.

1. Strawberry


Strawberry merupakan buah dari tanaman herba yang memiliki rata-rata 200 biji kecil persatu buah. Terdapat lebih dari 700 jenis strawberry, dan salah satu jenis spesies bernama Fragaria chiloensis L.

Jenis ini menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Sedangkan jenis lainnya yaitu F. vesca L merupakan salah satu jenis yang menyebar hingga ke Indonesia.
 
Strawberry yang matang akan berwarna merah, warna merah tersebut disebabkan karena buah ini kay aakan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi.

Stroberi menyimpan nutrisi yang luar biasa. Selain antioksidan tersebut, ia juga kaya serat, rendah kalori, dan mengandung vitamin C, folat, kalium, dan asam ellagic.

2. Blueberry


Blueberry merupakan salah satu tanaman yang masih termasuk dalam keluarga Vaccinium dan memiliki nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus,berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis.

Meskipun sama-sama memili rasa buah yang manis, untuk membedakan antara blackberry dan Billberry atau Huckleberry hanya dengan tekstur daging buahnya saja, buah Blueberry masak berdaging putih atau kehijauan sedangkan Billberry atau Huckleberry daging buahnya berwarna ungu. Perbedaan lainnya yaitu buah blueberrry muncul dalam kelompok (cluster) sedangkan billberry hanya memiliki satu buah pada setiap tangkainya
 .
Buah blueberry memiliki ukuran sekitar 5-16 mm dan bentuk buah yang bulat memiliki mahkota diujung buahnya.

Meskipun tanaman blueberry berasla dari dari Amerika Utara, saat ini tanaman ini sudah banyak dibudidayakan seperti di Australia, New Zealand dan negara-negara Amerika Selatan. Negara bagian Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia.

Berdasarkan penelitian terakhir pada Bluebery, kandungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang kaya mampu mencegah perkembangan kanker, jantung koroner dan stroke.

3. Blackberry


Blackberry memiliki nama latin Rubus.sp. merupakan tanaman buah yang mampu tumbuhu baik di belahan bumi utara meskipun ditanah yang kurang subur seperti di wilayah subtropis seperti Amerika Utara dan Eropa.

Blackberry memiliki buah etaerio atau buah yang muncul bergerombol yang menempel atau bergerombol dan berwarna hitam atau ungu tua. Buah ini memiliki rasa manis dengan ukuran buah sekitar 130 mm.

Budidaya blackberry yang terkenal ada di Oregon, Amerika Serikat yang digunakan untuk berbagai macam keperluan komsumsi maupun industri sperti pembuatan selai, anggur atau bahan pembuatan kue.

Blackberry kaya akan antioxidant berjenis polyphenol maupun omega 3 yang baik menangkal radikal bebas dalam tubuh untuk pencegahan kanker, jantung koroner maupun stroke.

4. Bilberry


Bilberry yang merupakan jenis buah berry yang memiliki nama ilmiah Vaccinium sp. buah yang memiliki rasa sedikit asam ini tumbuh liar pada tanah lembab di daerah subtropis yang terletak antara 23,5° – 66,6° LU utamanya seperti di Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Skandinavia, Polandia, Austria, Swiss, dan Russia.

Billbery memiliki warna buah biru kehitaman dengan daging buah merah atau ungu yang berwarna manis. Buah ini memiliki ukuran kecil sekitar 5 – 8 mm.

Bilberry merupakan tumbuhan liar, maka banyak orang mengkomsumsi bilberry untuk dimakan langsung atau dapat dibuat selai dan jus.

Billberry kaya akan kandungan pigmen anthocyanin yang sudah diteliti untuk tujuan pengobatan seperti pengobatan mata, jantung dan bahkan kanker.

5. Raspberry


Raspberry merupakan tanaman semak dari keluarga RUBUS yang termasuk dalam tanaman semak. Jenis raspberry yang banyak dibudidayakan adalah yang memiliki buah berwarna merah (Rubus strigosus) dan hitam (Rubus occidentalis).

Buah Raspberry yang matang memiliki rasa manis dengan warna merah, hitam ungu atau kuning keemasan tergantung dengan jenis yang ditanamnya.

Berbeda dengan jenis berry lainnya, buah raspberry memiliki rongga pada bagian tengah setelah diambil tangkainya. Berak satu buah raspberry sekitar 4gram. Buah raspberry mengandung vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.
Untuk menghasilkan rasa yang baru dan berbeda, kita dapat menyilangkan tanaman Rasberry disilangkan dengan tanaman Blacberry dan diberinama Tayberry.

 


Comments

Popular posts from this blog

5 Hal Ini Selalu Dikenang Oleh Sang Anak Tentang Orangtuanya