Skip to main content

3 Cara Mudah Mengubah Ruangan Gelap Menjadi Terang

3 Cara Mudah Mengubah Ruangan Gelap Menjadi Terang

Ruangan gelap menimbulkan rasa tertekan dan terkesannya suram karena tak ada cahaya sedikitpun yang masuk. ruangan gelap dapat terlihat lebih bersahabat dan terang. Biru muda dan kuning matahari pada dinding dan furnitur mendatangkan suasana pantai bahkan di ruangan gelap. Pastinya kamu akan terkesan tertekan dan ada rasa takut sedikit, Maka dari itu saya akan memberi tips untuk membuat ruangan akan menjadi lebih terang dengan cara sebagai berikut.

1. Jendela dalam ruangan

Ruangan gelap yang mendapat sedikit sumber cahaya alami dapat memanfaatkan jendela dalam ruangan. Jendela ini dapat melonggarkan ruangan dan berfungsi sebagai sumber cahaya tambahan di dinding. Jendela dalam ruangan menawarkan kemungkinan untuk menghubungkan dua ruangan, sehingga memperkuat konsep interior open plan. Jendela dalam ruangan direkomendasikan di mana saja keberadaannya tidak mengganggu. Misalnya, Anda dapat menghubungkan dapur kecil yang gelap dan ruang makan atau ruang tamu yang sangat terang dengan jendela dalam ruangan. Jika memasang jendela dalam ruangan tidak memungkinkan, memasang pintu kaca atau jendela kaca bisa memenuhi tujuan yang sama.

2. Kontras pada dinding

Untuk mencerahkan ruangan gelap, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Agar furnitur berwarna terang tidak tampak menghilang di depan dinding bernuansa cerah dan agar desain warna tidak tampak monoton, kontras mutlak diperlukan. Contohnya. warna pastel lembut dapat dikontraskan dengan obyek dan pola yang jelas. Bisa berupa cermin bundar atau kotak dengan bingkai lembut.
Dinding putih dapat lebih berwarna dengan lukisan merah cerah, atau foto hitam putih dengan bingkai gelap. Satu dinding dengan warna berbeda menawarkan kontras pada ruangan dengan dinding-dinding dan furnitur warna cerah. Cara ini juga dapat melonggarkan dan menghidupkan suasana. Agar aksen dinding tidak tampak menekan, sebaiknya ini tidak diaplikasikan pada dinding paling luas di ruangan itu.

Warna yang dipilih pun sebaiknya bukan warna gelap. Dua dinding dengan warna berbeda menghasilkan efek yang sama. Pola grafis juga menawarkan kemungkinan menarik untuk menghasilkan kontras pada dinding. Pola grafis juga cocok sebagai selingan di antara nuansa gelap dan terang. Skema warna cerah bisa terpecahkan tanpa menghasilkan efek gelap.

3. Furnitur bernuansa cerah

Furnitur berwarna terang memantulkan cahaya dan membuat ruangan gelap menjadi lebih ceria. Dengan furnitur putih di depan dinding berwarna kuning matahari, ruangan paling gelap pun mendadak memancarkan keramahan. Misalnya furnitur kayu berwarna putih dengan aksen lengkung dan ornamen. Jika Anda suka, silakan furnish ulang furnitur dengan bentuk dan garis lurus dengan warna putih hingga permukaannya tampak mengilap. Nuansa pastel cerah juga bisa jadi pilihan. Warna biru lembut mendatangkan suasana laut yang sejuk, sedangkan warna pink muda mendatangkan kesegaran ke dalam ruangan. Agar tidak tampak monoton, furnitur cerah dapat terdiri dari beberapa nuansa warna.

Warna kuning gading lembut contohnya, dapat dipadukan dengan furnitur putih matte. Kursi biru muda serasi dengan meja kayu krem. Sebuah kursi atau meja berwarna kontras di antara furnitur putih yang seragam juga bisa membuat ruangan tampak lebih menyenangkan. Efek yang sama juga bisa dihasilkan dengan menempatkan furnitur kayu furnish gelap di depan dinding berwarna cerah.

Comments

Popular posts from this blog

3 Fakta Menarik Tentang Kopi yang Jarang Orang Ketahui

3 Manfaat Mandi Air Dingin

Inilah 5 Jenis Buah Beri Yang Baik untuk Kesehatan dan Dimakan