5 Cara Ampuh untuk Mengobati Gondongan

5 Cara Ampuh untuk Mengobati Gondongan

Pembengkakan kelenjar parotid atau kelenjar penghasil air liur dikenal dengan sebutan gondongan. Namun pada awalnya memang seseorang akan tidak nyaman di bagian tenggorokan seiring waktu gondongan akan menyebar bila tidak ditangani.

Selanjutnya akan membuat kita mengalami sulit saat makan dan terasa sakit saat mengunyah sekaligus menelan. Itu karena ada virus yang menyebabkan gondongan yaitu Paramyxovirus. Penyebaran virus gondongan tidak jauh beda dengan virus flu, Bahkan dianggap sama. Tetapi jangan khawatir saya punya cara untuk mengobat gondongan sebagai berikut :

1. Istirahat secukupnya

Istirahat dan tidak bepergian keluar rumah adalah salah satu cara untuk mengobati gondongan, Karena hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menghentikan penyebaran virus.

Selain itu juga hal ini diperkuat oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan penderita gondongan ada baiknya istirahat dirumah kurang lebih lima hari setelah kelenjar parotis mulai terlihat membengkak.

2. Lidah Buaya

 
Lidah buaya bisa menjadi salah satu obat yang mudah untuk didapatkan. Lidah buaya juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi gondongan. Tanaman ini memiliki sifat antivirus, antibiotik serta anti-inflamasi. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengurangi radang dan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan gondongan. Cara penggunaan lidah buaya cukup mudah.

3. Air Hangat

 Cara ini adalah cara sederhana dan cepat untuk mengobati gondongan. Anda dapat mengkompres area yang terasa sakit atau bengkak dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat memberikan rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit. Mengkompres dengan air hangat dapat mengurangi terjadinya pembengkakan yang ditimbulkan oleh gondok. Ada baiknya dibarengi dengan istirahat yang cukup dan minum air putih untuk proses penyembuhan gondongan.

4. Madu

 Ketahui lebih dulu cara membedakan madu asli dan palsu supaya kita bisa membeli yang benar-benar murni. Madu murni tak hanya baik untuk kesehatan kulit maupun penyakit organ dalam kronis. Infeksi virus yang menyerang kelenjar air liur juga dapat diatasi dengan madu.







5. Jahe

 
 Kita semua pasti tahu bagaimana efektifnya rempah satu ini untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan dan masuk angin. Rasanya yang pedas dan juga efek hangatnya benar-benar memberikan rasa aman dan nyaman. Jahe pun ternyata bagus untuk dijadikan obat penyembuh gondongan.

Comments

Popular posts from this blog

3 Fakta Menarik Tentang Kopi yang Jarang Orang Ketahui

3 Cara Ampuh untuk Memiliki Berat Badan Ideal dan Postur Tubuh Proporsional

4 Penyebab Kepala Sakit Sebelah Kanan