3 Tanda yang Jarang Diketahui Bahwa Kekurangan Vitamin B1

3 Tanda yang Jarang Diketahui Bahwa Kekurangan Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki peranan penting dalam tubuh. Vitamin ini juga dikenal dengan nama tiamin yang berguna untuk menjaga kesehatan kita serta sel-sel tubuh yang berperang penting. Tidak diproduksi secara alami oleh tubuh kita maka dari itu kita membutuhkan asupan makanan atau suplemen tambahan agar kebutuhan vitamin B1 dalam tubuh bisa terpenuhi. Akan tetapi sebagian orang masih belum ada yang mengetahui gejala kekurangan Vitamin B1 dan tandanya, Mari kita lihat dengan seksama gejala tanda tubuh kekurangan Vitamin B1 sebagai berikut.

1. Cepat Lelah

Keletihan bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba. Ini dapat berkisar dari sedikit penurunan energi hingga kelelahan ekstrim, kemungkinannya tergantung pada tingkat keparahan kekurangannya. Karena kelelahan adalah gejala yang samar-samar dengan banyak kemungkinan penyebab, hal ini dapat secara umum diabaikan sebagai tanda kekurangan vitamin B1. Namun, mengingat peran penting tiamin dalam mengubah makanan menjadi energi, tidak mengherankan bahwa kelelahan dan kekurangan tenaga adalah gejala defisiensi yang umum. Faktanya, banyak penelitian dan kasus yang menghubungkan kelelahan dengan kekurangan vitamin B1.

2. Mudah Marah

Iritabilitas atau mudah marah adalah perasaan gelisah dan frustasi. Ketiak anda mulai tersinggun sedikit saja, anda langung marah dengan cepat. Iritablitias dapat disebabkan oleh berbagai kondisi fisik, psikologis dan medis. Suatu suasana hati yang mudah marah dicatat sebagai salah satu gejala pertama defisiensi tiamin.

3. Mengurangi Refleks

Kekurangan tiamin dapat mempengaruhi saraf motrorik. Jika tidak ditangani, kerusakan pada sistem saraf yang disebabkan oleh kekurangan tiamin dapat menyebabkan perubahan pada refleks anda. Refleks yang berkurang atau tidak adanya refeleks pada lutut, pergelangan kaki dan triseps sering diamati, dan seiring dengan berkembangnya defisiensi dapat mempengaruhi koordinasi dan kemampuan anda berjalan. Gejala ini sering didokumentasikan pada defiensi tiamin yang tidak terdiagnosis pada anak-anak.

Comments

Popular posts from this blog

3 Fakta Menarik Tentang Kopi yang Jarang Orang Ketahui

3 Manfaat Mandi Air Dingin

Inilah 5 Jenis Buah Beri Yang Baik untuk Kesehatan dan Dimakan