3 Manfaat Mandi Air Dingin

3 Manfaat Mandi Air Dingin

Sebagian orang pastinya akan menggelengkan kepala saat mandi air dingin di pagi hari. Padahal mandi air dingin menjadi cara yang sehat untuk anda memulai hari dan tanpa disadari bahwa mandi air dingin ada manfaat nya juga, Mari kita simak manfaatnya sebagai berikut.

1. Menurunkan berat badan

Mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan Anda dengan cara yang tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat.
Lemak putih adalah penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher yang terjadi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada tubuh kita perlukan untuk berfungsi, dan kita tidak membakar lemak putih untuk energi. Sementara lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh kita hangat, dan dibakar ketika kita terkena dingin yang ekstrim.

Jadi, mandi dingin dapat mempromosikan metabolisme lemak coklat. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin ekstrim dilaporkan membakar lemak coklat pada tubuh dengan peningkatan 15 kali lipat, yang berarti Anda bisa kehilangan hingga 5 kilogram dalam setahun jika terus rajin mandi pagi dengan air dingin.

2. Mempercepat pemulihan nyeri otot dan pegal linu

Mandi air dingin terutama efektif dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul terlambat, misalnya beberapa hari setelah Anda nge-gym. Itu karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

3. Meringankan stres


Membiarkan tubuh diguyur air dingin tanpa basa-basi dapat membantu mempromosikan peningkatan toleransi tubuh terhadap stres, secara fisik dan mental. Ada juga peningkatan gluthathione, antioksidan yang membuat semua antioksidan lainnya berada di tingkat optimal. Setelah mengamati 10 orang bertubuh sehat yang berenang secara teratur dalam air dingin selama musim dingin, peneliti melaporkan adanya penyesuaian tubuh terhadap stres oksidatif yang berulang — menunjukkan ketahanan tubuh yang meningkat terhadap serangan sumber stres.

Comments

Popular posts from this blog

3 Fakta Menarik Tentang Kopi yang Jarang Orang Ketahui

3 Cara Ampuh untuk Memiliki Berat Badan Ideal dan Postur Tubuh Proporsional

4 Penyebab Kepala Sakit Sebelah Kanan